top of page
  • Admin

Tutorial Menggunakan SCO01 Concealer

Updated: Jan 6


SCO01 concealer adalah aksesori untuk SEM-02 untuk menyembunyikan mikrofon di balik baju bakat. tidak seperti ALC01 klip buaya, yang cenderung memperlihatkan mikrofon.

ALC01 klip buaya dipasang di baju, posisi microphone berada di luar baju


Penggunaan clip-on seperti ini biasanya digunakan untuk siaran atau wawancara yang tidak perlu menyembunyikan mikrofon. Namun, jika video yang akan dibuat mengharuskan mikrofon tidak terlihat dalam bingkai (misalnya film), maka menyembunyikan mikrofon adalah hal utama yang harus dilakukan.


Namun suara gemerisik dari pakaian sering terekam, yang tentunya sangat mengganggu hasil akhir audio. Oleh karena itu perlu diperhatikan dengan seksama sebelum mulai merekam agar suara pakaian tidak terlalu mengganggu, karena tidak mungkin untuk menghindarinya 100%, apalagi jika gerakan talent terlalu ekstrim.


SCO01 Concealer mikrofon tidak hanya dimaksudkan untuk memudahkan menyembunyikan mikrofon dari pandangan kamera, tetapi juga untuk meminimalkan suara gemerisik dari pakaian/kostum.


Penggunaan SCO01 cenderung bebas dan tidak terikat oleh hal-hal tertentu, namun yang perlu diperhatikan adalah tingkat visibilitas mikrofon pada kamera dan hasil audio pada titik pemasangan.


Ada beberapa tips yang bisa kami berikan untuk memaksimalkan penggunaan ini SCO01 penyamar mikrofon


1. Pasang mic di dada

Menempatkan mic di area dada cenderung menjadi hal yang biasa dilakukan. Selain relatif mudah, cepat, dan tersembunyi, hasil audio pada posisi ini cenderung natural meskipun sumber suara (mulut) atau kepala talent bergerak ke kanan dan ke kiri. Jika talent menggunakan kostum/lemari yang cukup tipis (T-shirt, kemeja, dll) maka integritas suaranya akan tetap baik.


Namun jika lemari pakaian yang digunakan cenderung tebal (jaket, sweater, atau bahan tebal lainnya) akan menyebabkan kejernihan/kejernihan menjadi menurun. Ini dapat diatasi dengan memberikan peningkatan EQ pada frekuensi menengah-tinggi di pemancar (jika ada). Atau Anda juga dapat melakukan peningkatan EQ selama pasca produksi.



2. Menempatkan mic di kerah


Mic bisa disembunyikan di bawah kerah baju kanan/kiri tergantung posisi kepala talent menghadap. Hasilnya adalah SNR yang lebih baik, karena lebih dekat ke sumber suara. Konsekuensinya, jika sang talent menghadap ke arah sebaliknya, kejernihan dan integritas suara akan turun drastis.



So make sure talent follows the script!


3. Letakkan mic di dasi


Jika talent menggunakan wardrobe berdasi, maka pilihan untuk memasang mic di atas dasi akan sangat tepat.


Karakteristik suara hampir mirip dengan posisi mic di dada, tangkapan cenderung natural dan tidak banyak berubah meskipun sumber suara/mulut bergerak. Namun tentu saja ada sedikit pewarnaan suara karena kapsul mic tidak menghadap ke sumber suara (menghadap ke bawah).




4. Buat "simpul kendur" atau simpul pelepas ketegangan pada kabel



Tujuan pembuatan strain relief loop seperti pada gambar adalah untuk memberikan ruang lebih agar kabel mic dapat memanjang jika talent bergerak ke posisi ekstrim (misal dari merunduk/jongkok kemudian berdiri tegak). Selain itu, strain relief loop juga dapat sedikit meredam getaran gemuruh frekuensi rendah yang merambat melalui kabel menuju kapsul mic..



Pertama buat simpul sekitar 3cm di bawah mikrofon, dan tambahkan selotip untuk mengamankannya. Tanpa simpul ini, sangat mungkin ketika talent bergerak ekstrim, mic lavalier akan lepas karena kabel yang ditarik.


Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini :


Demikian beberapa tips dari kami untuk memaksimalkan penggunaan SCO01.


*Ingin bertanya tentang topik ini? Silakan kirim email ke support@seruniaudio.com

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page